Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pagi Mengaji, Gerakan Baru Mahasiswa FEBI

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 04 Maret 2017 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Nuansa baru di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Mahasiswa dan mahasiswinya, tampil menggelorakan gerakan mengaji setiap pagi. Gerakan ini dimotori mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Uniknya, mereka ini juga tampil dalam balutan uniform yang modis, berdasi, dan rapi baik saat mengaji maupun kuliah.

Alhasil, tidak hanya bernuansa Agamis, yang kerapkali menjadi sambutan yang dialamatkan masyarakat kepada mahasiswa dan mahasiswi kampus Islam ini, tetapi lebih modern karena dibesut dengan kerapian dan keterkinian alias good looking.

'Gerakan Mengaji setiap pagi ini, diilhami oleh spirit mewujudkan mahasiswa memiliki skill mengaji dan mengkaji. Masyarakat begitu terkesima ketika melihat civitas FEBI IAIN Palangka Raya membangun gerakan ini,' kata Dekan FEBI IAIN Palangka Raya, Rahmaniar, Sabtu (4/3/2017)

Selain mengaji dan mengkaji, mahasiswa tampil elegan dengan dasi dan berkemeja putih bagi mahasiswa, sedangkan mahasiswi mengenakan blezer gelap baju putih-putih, plus name tag dan ID Card khusus sebagai mahasiswa FEBI.

Mahasiswa dan mahasiswi nanti pada saatnya lulus, tandas Rahmaniar, harus memiliki skill dan spiritual yang baik termasuk paham al-quran dan tafsirnya. Apalagi nanti mereka akan menjadi manajer, executive muda, bankir, dan seterusnya.

'Oleh karena itu mereka harus belajar dari sekarang, tidak hanya berpenampilan modernis dan good looking tapi juga religius dan qur'ani,' katanya.

'Mahasiswa dan mahasiswi FEBI IAIN harus menjadi model dan agen perubahan gerakan ekonomi syariah di Kalteng. Gerakan ini tidak akan maksimal jika mahasiswa belum mendalami sumber prinsip ekonomi syariah yaitu Al-qur'an,' timpal Wakil Dekan Bidang Akademik, Ahmad Dakhoir.

Rektor IAIN Palangka Raya Ibnu Elmi AS Pelu mengapresiasi dan mendukung penuh gerakan yang diusung salah satu fakultasnya itu. Kata dia, terobosan FEBI menerapkan gerakan mengaji dan menggunakan Uniform adalah ide mulia untuk mewujudkan insan cendikia, religius namun tetap fashionable. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru