Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buat Lulusan SMA, Ini Peluang Menjadi Taruna STMKG

  • Oleh Naco
  • 05 Maret 2017 - 10:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengajak remaja lulusan SMA, MA, atau SMK untuk bergabung dalam penerimaan taruna Sekolah Tinggi Metereologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) tahun akademik 2017/2018.

Kepala BMKG Kotim Nur Setiawan mengatakan, di STMKG ada beberapa program studi, di antaranya meterologi, klimatologi, geofisika dan instrumen MKG.

"Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara daring (online) di laman Panselnas. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian formulir pendaftaran di laman penerimaan taruna baru STMKG/PTB-STMKG-2017," jelas Setiawan, Minggu (5/2/2017)

Lulusan STMKG dipastikan akan langsung bekerja. Dalam persyaratan umum, calon taruna diminta kesediaannya untuk bekerja di BMKG sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan."Serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara RI," kata Setiawan.

Tiga tahap

Adapun seleksi calon taruna STMKG dilakukan dalam tiga tahap dengan siste gugur. Seleksi pertama adalah tes kompetensi dasar, kompetensi bidang untuk mata pelajaran fisika, matematika dan bahasa Inggris. Lalu tes kesehatan, dan wawancara.

"Hasil seleksi nanti akan diumukan melaluui laman panitia PTB-STMKG-2017," kata Setiawan.

Tahun ini STMKG akan menerima sebanyak 250 taruna dengan komposisi pria 70 persen dan wanita 30 persen. "Ini kesempatan bagi siswa lulusan SLTA di Kotim," pungkasnya. (NAKO/B-10)

Berita Terbaru