Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Kopi dari Mura Ini Sukses Tanpa Bantuan Pemerintah

  • Oleh Supri Adi
  • 05 Maret 2017 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Nuroni (63), petani kopi asal Kabupaten Murung Raya (Mura) ini sukses dengan usahanya sendiri setelah upaya mendapat bantuan dari pemerintah daerah selalu berbuah sia-sia.

Dengan hanya bermodal nekat, serta memanfaatkan lahan yang didapatnya melalui warisan, pria yang akrab disapa Pak Jhon itu sudah menghasilkan kopi dengan kualitas unggul dan bisa diterima oleh semua segmen pasar wilayah Mura.

"Peminatnya tidak hanya para pedagang yang berjualan sehari-hari di Pasar Bahitom dan Pasar Pelita saja. Tapi, hasil kopi saya juga dipasok untuk produk industri rumahan yang ada di Kota Puruk Cahu," ungkap Nuroni, Minggu (5/3/2017).

Nuroni mengatakan untuk bibit ia hanya mencari ke hutan maupun daerah pinggir Sungai Barito untuk kebun seluas 3 hektare yang ia kelola.

"Karena modal saya tidak punya, makanya untuk bibit cari sendiri. Sudah beberapa kali mengajukan bantuan ke Dinas Pertanian, tapi selalu ditolak. Akhirnya karena sudah tidak ada harapan bantuan, saya beranikan diri memulai berkebun kopi walau sebelumnya belum pernah dilatih atau mendapat pembinaan," sebut Nuroni. (SUPRI ADI/B-10)

Berita Terbaru