Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Banyak Warga Katingan Gunakan Penerangan PLTS

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Maret 2017 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga di wilayah Kabupaten Katingan hingga sejauh ini masih banyak menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Pasalnya, desa-desa yang masih menggunakan PLTS itu, sejauh ini belum terjangkau dengan jaringan listrik PLN.

Desa yang masih belum menikmati listrik PLN ini rata-rata berada di pelosok yang kondisi jalan menuju wilayah itu masih sulit dijangkau.

Masih banyaknya desa yang menggunakan jaringan PLTS ini diakui Camat Sanaman Mantikei, Prancis.

Kepada borneonews.co.id, Minggu (5/3/2017). Prancis mengaku jika di wilayahnya ada beberapa desa yang masih belum menggunakan jaringan listrik PLN.

Terhadap desa-desa yang masih belum teraliri listrik PLN itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan sejauh ini telah membantu warga dengan mengadakan jaringan PLTS itu secara terpusat.

Prancis menggambarkan misalnya Desa Tumbang Kanei, di desa ini sudah sejak 2015 lalu sudah dibangun PLTS terpusat.

Sebanyak 75 kepala keluarga/rumah di desa ini menikmati jaringan PLTS itu, dengan membayar iuran sebsar Rp20 ribu per bulannya.

Lainnya adalah Desa Tumbang Mangara dan Desa Tumbang Kawei. Pengoperasian PLTS terpusat du dua desa ini, kata Prancis diresmikan Bupati Ahmad Yantenglie pada 2016 lalu.

Jika sejauh ini warga di pedalaman merindukan listrik PLN, namun sejumlah warga yang tinggal di perkotaan justru berkeinginan menggunakan PLTS ini, sebab tarif dasar listrik saat ini dinilai terlalu mahal. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru