Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades Pematang Limau ungkap Alasan Penolakan Terhadap Pertambangan Pasir

  • Oleh Parnen
  • 06 Maret 2017 - 22:07 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kesepakatan penolakan warga Desa Pematang Limau, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, terhadap aktivitas penambangan pasir di daerah tersebut didasari sejumlah alasan.

Kepala Desa Pematang Limau, Juharto, Senin (6/3/2017) mengatakan, salah satunya kegiatan penambangan dinilai mengakibatkan percepatan penyusutan bibir pantai atau abrasi pemakaman muslimin.

"Pengambilan pasir skala kecil atau besar di wilayah Desa Pematang Limau oleh masyarakat yang menggunakan kapal atau mesin sedot disekitar pemukiman penduduk itu mengakibatkan abrasi bibir pantai," kata Juharto.

Sementara sejumlah komplek pemakaman yang terdampak aktivitas penambangan itu, di antaranya makam di bagian hilir desa, makam keramat di Tanjung Lingga Desa Pematang Limau dan makam keramat di muara sungai Desa Pematang Limau.

"Penetapan penolakan dan penghentian yang didasari alasan itu diputuskan secara bersama melalui pertimbangan situasi keadaan lingkungan dan musyawarah mufakat," pungkasnya. (PARNEN)

Berita Terbaru