Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agar Betah Tugas di Pelosok, Angkat Tenaga Kontrak dari Warga Setempat

  • Oleh Naco
  • 07 Maret 2017 - 07:58 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Adanya tenaga kontrak yang tidak betah bertugas di pelosok dinilai lantaran tidak selektifnya pemerintah daerah dalam melakukan pengangkatan. Sehingga ke depan pemda melalui instansi terkait dalam melakukan pengrekrutan harus mengutamakan warga asal daerah setempat.

"Saya melihat banyak tenaga kontrak yang diangkat dari warga luar, padahal banyak lulusan dari daerah-daerah itu baik itu dari tenaga medis, akan tetapi justru mereka itu tidak diangkat," kata anggota Komisi III DPRD Kotim Nono, Selasa (7/3/2017).

Harusnya, menurut Politisi Partai Hanura ini, lulusan dari masyarakat lokal yang diutamakan sehingga saat mereka ditugaskan di kampung halaman mereka akan betah bertugas. "Beda hal yang diangkat dari orang luar, yang mereka pikirkan bagaimana cepat pindah ke kota," ungkap Nono.

Itu terbukti dari hasil sidak Komisi III beberapa waktu lalu, di mana tenaga kontrak yang baru diangkat tidak ada lagi bertugas di sana karena sudah pindah ke kota, padahal masyarakat di sana sangat membutuhkan, lantaran selama ini tenaga baik itu dari medis sangat kurang.

Lulusan warga lokal dari latar belakang kesehatan menurut Nono banyak, tinggal keseriusan dari pemerintah saja untuk memberikan mereka kesempatan mengabdi di kampung halamannya sendiri. "Karena kita yakin kalau yang diangkat warga lokal setempat dia tidak lagi memikir pindah," pungkas Nono. (NACO/B-5)

Berita Terbaru