Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Hilir Sawit Kelebihan Kapasitas

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 07 Maret 2017 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sektor hilir industri kelapa sawit saat ini dihadapkan pada masalah kelebihan kapasitas, tak hanya di Malaysia tapi juga di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Senior Vice President Sime Darby Plantation Sdn Bhd, Haris Arshad, di sela acara konferensi sawit di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (7/3/2017), seperti dikutip The Star.

Haris mengatakan kilang minyak sawit di Malaysia dan Indonesia perlu berkonsolidasi dan mempertimbangkan bahwa kilang-kilang tersebut memang perlu dibangun di negara pengekspor minyak sawit.

'Untuk setiap satu ton buah sawit, terdapat dua ton kapasitas yang tersedia," imbuhnya.

Menurut dia, Malaysia dan Indonesia saat sudah berupaya mengkonsolidasikan kilang-kilang mereka dan kapasitas harus ditingkatkan ketika ada permintaan.

Di sisi lain, pakar kawakan industri sawit, M.R. Chandran menyebutkan bahwa produksi minyak sawit di Malaysia dan Indonesia diperkirakan meningkat 11% tahun ini menjadi 65 juta ton, dibandingkan 58 ton pada tahun lalu, berkat dukungan membaiknya cuaca.

Namun, ia juga mengatakan bahwa peningkatan produksi di kedua negara penghasil sawit terbesar dunia itu melambat sejak 2015. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru