Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Temukan Bayi Positif HIV/AIDS

  • 07 Maret 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, terus bertambah. Baru-baru ini Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Dinkes Kobar) kembali menemukan satu kasus, bayi baru lahir yang tertular dari ibunya.

"Hingga saat ini di Kobar terdeteksi sebanyak 134 orang menderita HIV dan 18 orang tertular AIDS. Jumlah ini mendudukkan Kobar peringkat 3 dengan HIV/AIDS terbanyak se-Kalimantan tengah. Setiap tahun penderita HIV/AIDS di Kobar terus meningkat," kata Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinkes Kobar, Arif Susanto di Pangkalan Bun, Selasa (7/3/2017).

Penemuan kasus penyakit yang penularannya bisa terjadi melalui hubungan seksual, transfusi darah dan jarum suntik dari penderita HIV/AIDS, didapatkan dari hasil pemeriksaan darah seorang ibu yang bersalin di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun.

"Waktu ibu ini memeriksakan darahnya, ternyata dia sudah mengidap penyakit HIV/AIDS. Sehingga bayi yang dilahirkannya pun positif tertular dan menambah jumlah penderita," jelasnya.

Agar tidak mengganggu psikologi dan tumbuh kembang bayi, pihaknya merahasiakan identitas orang tua dan bayi tersebut. Untuk membantu meringankan beban penderitaan mereka, Dinkes Kobar melalui pendamping ODHA memberikan penanganan berupa pengobatan antiretroviral (ARV). Kendalanya, tidak semua ODHA mau menjalani pengobatan.

"Padahal sudah banyak ODHA bisa menjalani hidup normal setelah menjalani pengobatan secara rutin," beber Arif Susanto. (FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru