Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Kiriman Ancam Sebagian Wilayah Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 07 Maret 2017 - 17:42 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Banjir kiriman dari Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara ancam sebagian wilayah Barito Selatan (Barsel).

Banjir kiriman ini, mengancam wilayah khusunya di bantaran daerah aliran sungai (DAS) Barito. "Banjir kiriman ini mengancam pemukiman warga dipinggiran sungai barito," kata Yonatan Bachtiar, salah satu warga kelurahan pendang kepada Borneonews, Selasa (7/3/2017).

Ia mengatakan, banjir kiriman ini selalu terjadi setiap tahunnya. Banjir tersebut paling lama satu minggu.

Tak hanya itu, lanjut dia, dalam beberapa pekan terakhir intensitas hujan cukup tinggi baik siang dan malam. "Meski demikian pihaknya berharap tahun ini tidak sampai terjadi banjir," harap dia.

Sementara itu, berdasarkan data dari stasiun meteorologi Sanggu, Buntok Barito Selatan (Barsel) bahwa pada Februari-Maret 2017 sebagian wilayah di Barsel berpotensi banjir.

Forecaster (Prakirawan) Stasiun Meteorologi Buntok, Sudarmono mengatakan, potensi banjir diwilayah utara yakni di Kecamatan Dusun Utara dan Dusun Selatan.

Meski curah hujan tinggi, lanjut dia, namun potensi banjirnya masih dalam kategori menengah. "Dari empat kecamatan lainnya, Dusun Utara dan Dusun Selatan yang paling berpotensi banjir," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-8).


TAGS:

Berita Terbaru