Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap Desa harus Punya PAUD

  • Oleh Supri Adi
  • 07 Maret 2017 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Program satu desa satu fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Murung Raya (Mura) sejak beberapa tahun lalu cukup sulit diwujudkan terutama di daerah pedesaan. Oleh karena itu, setiap desa harus berupaya mewujudkan hal itu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KBP3A) Kabupaten Mura, Lynda Kristiane bertekad mewujudkan satu desa satu PAUD dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

"Memang untuk sekarang jumlah PAUD yang ada di Kabupaten Mura lebih dari seratus, akan tetapi persebarannya hanya berada di daerah ibu kota kecamatan maupun di desa yang letaknya dekat dengan ibu kota kecamatan," ungkap Lynda kepada Borneonews, Selasa (7/3/2017).

Menurut Lynda, salah satu solusi agar setiap desa terdapat PAUD yakni dengan cara merencanakan pembentukannya melalui program 1 milyar 1 desa yang dikucurkan setiap tahun oleh pihak Pemkab Mura.

Lynda juga mengatakan kebanyakan desa sekarang dalam menggunakan anggaran 1 milyar 1 desa kecenderungan hanya untuk membiayai pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, air berseih maupun listrik, dan untuk fasilitas pendidikan seperti PAUD hampir jarang dilakukan. (SUPRIADI/B-8)

Berita Terbaru