Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masalah Kebahasaan dalam Media Tidak Hanya Terkait Tata Bahasa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Maret 2017 - 16:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Bahasa Media Massa Tendy Kusumah Somantri, mengatakan masalah kebahasaan pada media tidak hanya berkaitan dengan tata bahasa atau kaidah-kaidah kebahasaan.

"Belakangan ini, semakin banyak kasus pemberitaan yang salah dalam logika maupun rasa bahasa," ungkap Tendy saat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Awak Media se-Provinsi Kalimantan Tengah, di Hotel Fovere Palangka Raya, Rabu (8/3/2017) .

Kesalahan-kesalahan tersebut menurut Tendy sangat berbahaya karena bisa memberikan informasi yang sesat kepada khalayak. "Oleh karena itu, awak media atau para jurnalis harus selalu memperbaiki kemampuan dalam mengolah kata dan menyusun kalimat," tambahnya.

Ungkapan bahwa "yang penting pesannya sampai" dikatakan mantan Redaktur Pelaksana Harian Umum Pikiran Rakyat ini tidak berlaku lagi apabila bahasa sebagai alat komunikasi tidak lagi logis dan memberikan empati kepada masyarakat.

"Pesan hanya akan sampai melalui kalimat-kalimat yang efektif. Dalam bahasa Indonesia laras jurnalistik, kalimat-kalimat itu harus mencerminkan ciri-ciri sederhana, singkat dan jelas, padat, lugas, logis, gramatikal, serta empati dan netral," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru