Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Pusat Harus Berikan Sulusi Mengenai Karhutla

  • Oleh Ramadani
  • 08 Maret 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Terkait pelarangan pembakaan lahan yang telah dicanangkan pemerintah pusat diharapkan tidak hanya melarang, tapi bagaimana mencari solusi atau alternatif selain membakar untuk memebuka lahan.

Menurut Anggota Komisi II DPR RI, Rahmat Nasution Hamka, Rabu (8/3/2017) yang sangat diharapkan menurut kajiannya yakni membantu alat berat kepada daerah yang rawan terjadi kebekaran hutan dan lahan, sehingga masyarakat terbantu mengolah lahan.

'Intinya learn clearing atau pembersihan lahan yakni untuk pembersihan tunggul-tungul atau sisa pemotongan pohon, sehingga dapat diangkat dengan alat berat. Sehingga dengan pembersihan lahan dapat benar-benar bersih , yang nantinya tidak lagi dibakar pada tahun berikutnya. Sehingga masyarakat dapat terus bercocok tanam dengan baik tanpa membakar' kata Rahmat, kepada Borneonews.co.id

Diakuinya, solusi tersebut memang mahal dalam pelaksanaaannya, namun mahal diawal, tapi nantinya dapat membantu masyarakat begitu pula pemerintah, agar pembakatan lahan tidak terjadi lagi .

Lanjut Rahmat, ini yang menjadi solusi dari DPR RI kepada pemerintah pusat agar dapat memberikan stimulus / rangsangan untuk membantu daerah-daerah agar pelarangan pembakaran lahan mendapat alternatif dengan menggunakan alat berat. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru