Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Empat Bangunan yang Namanya Diambil dari Kesultanan Kutaringin

  • Oleh Wahyu Wulandari
  • 17 Maret 2017 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbicara mengenai sejarah kota Pangkalan Bun, tentu saja tidak terlepas dari sejarah Kesultanan Kutaringin. Nama-nama tempat atau jalan di sekitar Pangkalan Bun juga diambil dari seputar Kesultanan Kutaringin seperti, Jalan Pangeran Antasari, Jalan Pangeran Ratu Anum Kusumayuda dan Jalan Pakunegara.

Selain diabadikan sebagai nama jalan, menurut juru kunci Istana Kuning, Gusti Nasar, terdapat empat bangunan yang namanya diambil dari Kesultanan Kutaringin. Berikut keempat bangunan tersebut.

1. Pasar Indrakencana

Pasar Indrakencana atau lebih dikenal dengan sebutan pasar lama terletak di Kelurahan Raja. Nama Indrakencana sendiri diambil dari nama bukit tempat Istana Kuning didirikan, yaitu Bukit Indrakencana

2. Pasar Indrasari

Pasar yang lebih dikenal dengan sebutan pasar baru ini terletak di Kelurahan Baru. Indrasari merupakan nama lain dari Istana Kuning, yaitu Istana Indrasari.

3. Universitas Antakusuma

Berasal dari nama Sultan pertama Kutaringin yaitu Pangeran Adipati Anta Kasuma yang merupakan anak keempat Raja Banjar IV yaitu Sultan Mustainubillah. Pangeran Adipati Anta Kusuma dimakamkan di Banjarmasin, tepatnya Kompleks Pemakaman Sultan Suriansyah, Kuin, Banjarmasin. "Sultan pertama ini, nama beliau diabadikan sebagai nama Universitas, yaitu Universitas Antakusuma. Nah yang belajar di Universitas ini harus tahu darimana asal nama Antakusuma tersebut," ujar Gusti Nasar, beberapa waktu lalu.

4. RSUD Sultan Imanudin

Inilah Sultan Kutaringin IX yang memindahkan pusat pemerintahan dari Kutaringin Lama ke Kutaringin Baru dan beribu kota di Pongkalan Bu'un atau lebih dikenal dengan Pangkalan Bun. "Kalau Sultan ke IX nama beliau diabadikan sebagai nama rumah sakit umum daerah, yaitu RSUD Sultan Imanudin," pungkas Gusti Nasar. (WAHYU WULANDARI/B-2)

Berita Terbaru