Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim BNPB Kunjungi Korintiga Terkait Banjir

  • Oleh Cecep Herdi
  • 09 Maret 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ternyata, selama banjir melanda Kecamatan Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Deputi Kedaruratan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau kawasan PT Korintiga Hutani yang baru melakukan replanting (penanaman ulang) baru-baru ini.

Kedatangan tim BNPB itu untuk menelusuri penyebab banjir yang merendam Kecamatan Arut Utara (Aruta). "Ya benar ada tim dari BNPB turun ke PT Korintiga. Tim melihat lokasi PT Korintiga yang direplanting," ujar Camat Aruta, Marwoto.

Menurut dia, tim BNPB terkejut ketika melihat kawasan PT Koriintiga yang cukup luas, namun kondisinya sudah gundul. Sayang, Marwoto enggan berkomentar banyak terkait kedatangan BNPB ke korporasi dengan komoditas hutan tanaman industri itu.

Sumber Borneonews yang menolak namanya disebutkan mengatakan, kedatangan tim dari BNPB ke PT Korintiga beberapa waktu lalu, persis ketika hujan deras. "Mereka (BNPB) sudah tahu, lokasi replanting PT Korintiga Hutani itu sangat luas. Sehingga air tidak lagi terserap oleh pohon ataupun tanaman lain," kata dia.

Hingga berita ini diturunkan, PT Korintiga belum bisa dikonfirmasi terkait kabar kedatangan tim BNPB.

Sementara itu, Pejabat Bupati Kotawaringin Barat, Nurul Edy mengaku prihatin dengan kondisi banjir yang merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Arut Utara itu.

"Kami sangat prihatin atas banjir yang terjadi di Kobar. Bahkan tidak hanya di Arut Utara saja tapi juga melanda di Arut Selatan dan Kotawaringin Lama. Namun dari laporan bahwa yang paling parah ini di Kecamatan Aruta yang sudah 10 hari tidak kunjung surut," Kata Nurul Edy.

Namun, Edy mengatakan, banjir di Aruta murni karena faktor alam. "Banjir ini karena curah hujan yang cukup tinggi. Ini faktor alam yang membuat banjir," ujarnya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru