Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sosialisasi Dini, KPU Cetak dan Sebar 1000 Kalender 'Menuju Lamandau Memilih Tahun 2018'

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Maret 2017 - 23:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lamandau telah mencetak dan menyebarkan sedikitnya 1000 lembar kalender dengan tema 'Menuju Lamandau Memilih Tahun 2018'.

Langkah tersebut sebagai salahsatu terobosan dan upaya KPUD Lamandu dalam menyosialisasikan kontestasi Politik yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 mendatang, sejak dini.

Hal itu seperti diungkapkan Komisioner KPUD Lamandau, Divisi Sumberdaya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, Andreas Nahan, kepada Borneonews, Kamis (9/3/2017).

"Mencetak dan menyebar 1000 kalender ini merupakan salahsatu upaya kami (KPU) menyosialiasikan rencana digelarnya pesta demokrasi yakni Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Lamandau di tahun 2018 mendatang," katanya.

Dengan upaya ini, kata dia, diharapkan agar masyarakat Lamandau mengetahui dan mendapatkan inforormasi terkait rencana Pilkada 2018 tersebut.

Terlebih, dalam kalender KPUD yang dibuat seperti kalender pada umumnya itu, disisipkan materi-materi cukup penting, mulai dari informasi tentang waktu pelaksanaan Pilkada, ketentuan tentang syarat bagi calon pemilih, syarat dan ketentuan pencalonan menjadi kepala derah dan wakil kepala daerah, dan informasi penting lainnya.

"Kalender ini sudah mulai kami distribusikan, seperti ke semua kecamatan dan desa, semua SKPD dan FKPD, Partai Politik dan berbagai ruang-ruang publik serta masyarakat umum lainnya," kata dia.

Rencananya, hal serupa juga akan dilakukan KPUD di 2018 mendatang, dengan tema kalender 'Kabupaten Lamndau Memilih'. Hal tersebut diyakini cukup ampuh untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada nanti.

"Ide ini berawal dari hal sederhana dan sudah umum digunakan sebagai salahsatu media publikasi, setidaknya dengan melihat tanggal di kalender KPUD ini, masyarakat di Lamandau diingatkan bahwa ada agenda Pilkada di 2018, dan masyarakatpun turut aktif mengikutinya," tukas Nahan. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru