Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Imbau Warga Waspadai Penyakit di Musim Penghujan

  • Oleh Uriutu
  • 09 Maret 2017 - 17:24 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Kesehatan (Dinkes) Barito Selatan (Barsel), mengimbau agar warga mewaspadai penyakit yang biasa muncul pada musim penghujan.

'Kita meminta dan mengimbau masyarakat agar selalu mengantisipasi penyakit pada musim hujan sekarang ini,' kata Kadis Dinkes Barsel, Daryomo Sukiestono kepada Borneonews, Kamis (9/3/2017).

Ia mengatakan, beberapa jenis penyakit yang rentan datang pada musim hujan seperti, demam berdarah, diare, muntah-muntah dan infeksi saluran pernafasan (ISPA).

Kemudian, lanjut dia, penyakit yang disebabkan bakteri dan parasit terutama di daerah yang airnya mudah meluap dan menghanyutkan kotoran.

Air akan terkontaminasi bakteri dan parasit, demikian juga dengan bahan makanan seperti sayur. Selain itu juga dapat menginfeksi manusia yang menyebabkan penyakit seperti diare, disentri dan cacingan.

Ia mengatakan, langkah antisipasi perlu dilakukan dengan menyiagakan petugas kesehatan di RSUD, puskesmas, pustu dan juga menjaga ketersediaan obat-obatan.

Bagi masyarakat, lanjutnya, perlu menjaga kesehatan diri sendiri dengan pola hidup sehat, juga menjaga kebersihan lingkungan.

'Kita sudah menyiagakan petugas dalam mendeteksi sinyal epidemiologi di lapangan. Meraka akan bekerja sama dengan puskesmas dan pihak rumah sakit,' beber dia.

Ia meminta masyarakat menginformasikan ke Dinkes atau puskesmas terdekat jika ada indikasi penyakit yang ditimbulkan akibat musim hujan.

Kepada pihak rumah sakit dan puskesmas, pihaknya agar merespons setiap pengaduan masyarakat. (URIUTU DJAPER/B-8).

Berita Terbaru