Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Bundar Harapan Perbaikan Balai Adat Kaharingan

  • Oleh Uriutu
  • 09 Maret 2017 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Warga Desa Bundar, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan mengharapkan perbaikan balai adat Kaharingan yang rusak.

Damang Dusun Utara, Sensus mengatakan kerusakannya bagian atap plafon, dinding, balai pisame (sejenis dapur), balai hakei (rumah kecil untuk umat muslim) dan lantai yang sudah lapuk.

Balai adat kaharingan ini dibangun pada 1962. Kerusakan itu terjadi lantaran usia bangunan yang sudah tua.

'Sebelumnya pernah ada perbaikan, namun sudah lama, sehingga sarana ritual umat kaharingan mengalami kerusakan serta memmerlukan perbaikan mendesak,' kata Sensus kepada Borneonews.co.id, Kamis (9/3/2017).

Dia menceritakan, pada 1962 balai adat ini dibangun yang merupakan persebaran Balai Adat Kaharingan dari Paju Epat Barito Timur.

Balai adat tersebut dipergunakan oleh warga dibeberapa desa Kecamatan Dusun Utara untuk mengadakan ritual atau acara adat lainnya. Sejumlah desa yang menggunakan balai adat itu di antaranya Talekoi, Hingan, Maruga, Danau Bamore, Tamparak, Majunre, Ulu Tampang dan Panarukan.

Dia berharap kepada pemerintah daerah maupun DPRD agar bisa merealisasikan perbaikan serta perehaban balai adat kaharingan ini. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru