Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Instruksinya tak Digubris Bupati Tenglie Kecewa dengan PT KMP

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Maret 2017 - 05:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gara-gara instruksinya tidak digubris, Bupati Katingan Ahmad Yantenglie mengaku kecewa dengan pihak PT Katingan Mandiri Persada (KMP). Kekecewaan ini dilontarkan saat orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini memimpin rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan, lahan dan kebun (Karhutla) di ruang rapat bupati setempat, Kamis (9/3/2017).

"Mohon maaf saya kecewa langkah-langkah PT KMP, karena intruksi saya belum dijalankan terkait kerjasama pembersihan lahan masyarakat dengan alat berat milik PT KMP itu," ujar Bupati Ahmad Yantenglie.

Bupati Tenglie mengatakan Pemda Katingan pemegang saham mayoritas PT KMP ini. Ia menggambarkan kerja sama PT KMP dengan masyarakat pemilik lahan itu, bisa menggunakan sistim kredit.

"Misalnya untuk satu hektare lahan biaya pembersihan pakai alat berat ini sebesar Rp11 juta, mungkin masyarakat ada yang tidak mampu membayar sekaligus, makanya sistim kredit per bulan bisa setor Rp200 ribu selama jangka waktu beberapa tahun," katanya.

Pembersihan lahan menggunakan alat berat ini, kata Bupati Tenglie guna mencegah kebakaran lahan dan hutan terutama saat musim kemarau. Warga juga bakal menanami tanaman hasil pembersihan itu, dan otomatis selalu menjaga tanamannya agar tidak terbakar. Namun hingga kini intruksi itu belum dijalankan oleh PT KMP.

"Itu perusahaan daerah, uangnya ada. Potensi penerimaan juga ada, dan ini sudah lebih besar potensi penerimaannya. Tapi kenapa sampai sekarang kok tidak ada kabar, itu direksinya tidur, berarti ini tidak bisa bekerja," sungut Bupati Tenglie.(ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru