Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Bayat Gelar Upacara Adat Dayak Begendang Benaik Benaki Sambut Hamdhani

  • Oleh Nazir Amin
  • 10 Maret 2017 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Warga Desa Bayat, Kecamatan Belantikan Raya, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, menyelenggarakan upacara adat Dayak Begendang Benaik Benaki menyambut kedatangan anggota Komisi IV DPR, Hamdhani. Dalam kunjungan kerjanya, wakil rakyat utusan Kalimantan Tengah itu, tiba bersama rombongan dari Pemkab Lamandau.

"Saya terkesan dengan sambutan hangat masyarakat Desa Bayat tersebut," kata Hamdhani, wakil rakyat dari daerah pemilihan Kaliman Tengah, melalui rilis yang diterima, Jumat (10/3/2017).

Hamdhani menyebutkan, mulai masuk ke aula Desa Bayat, rombongannya disambut dengan iringan tarian khas Kalimantan, Rabu (8/3/2017) malam itu. Setelah masuk aula, digelarlah acara ramah tamah sekaligus serap aspirasi masyarakat Desa Bayat. Nah, seusai serap aspirasi, acara adat pun dimulai.

Dalam upacara Adat Begendang Benaik Benaki yang digelar warga Desa Bayat menyambut politisi Partai NasDem tersebut, Hamdhani duduk di gerantung menyandar di belanga. Artinya, duduk di kursi sebagai penghargaan tertinggi kepada tamu. Di kursi itu, Ketua DPP Partai NasDem bidang Otonomi Daerah itu, mendapat jampi-jampi khas Dayak oleh Damang Adat setempat.

Hamdhani pun langsung diberi ikat tongang pada pergelangan tangannya sebagai tanda supaya selamat lahir batin dunia akhirat. Setelahnya, Bagendang dimulai. Sang tamu ditawari minum tuak. Jika tak bisa minum tuak, setiap tamu bisa diganti dengan minuman biasa. Selanjutnya, tamu kehormatan diajak menari memutar dibarengi oleh warga Bayat. Ini untuk menjalin keakraban antara tamu dan warga lokal. Acara itu pun usai hingga tengah malam. (RO/*/N).

Berita Terbaru