Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angin Monsun Penyebab Perubahan Cuaca

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 Maret 2017 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tinggi atau rendahnya curah hujan sebenarnya bisa diprediksi. Jadi tidak tepat bila cuaca menjadi kambing hitam dari bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Kalimantan Tengah belakangan ini.

Menurut Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun Adityo Mega Anggoro, Sabtu (11/3/2017), salah satu penyebab utama yang mempengaruhi kondisi cuaca di suatu wilayah ialah angin monsun.

"Angin monsun adalah angin yang berhembus setiap enam bulan sekali. Angin ini terjadi karena adanya perbedaan pemanasan bumi antara belahan bumi utara dan belahan bumi selatan," sebutnya.

Angin monsun berembus setiap setengah tahun sekali dan selalu berganti arah. "Setiap enam bulan sekali terjadi perubahan musim seiring dengan berembusnya angin monsun. Secara geografis, Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia. Perbedaan tekanan udara di kedua benua tersebut mengakibatkan terjadinya angin monsun. Angin monsun yang berasal dari Asia disebut angin monsun barat, dan angin monsun yang berasal dari Australia disebut angin monsun timur," tuturnya. (WASHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru