Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Bawang di Kasongan masih Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Maret 2017 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Harga bawang merah dan putih di Kasongan, ibu kota Kabupaten Katingan, sampai saat ini masih tinggi, yakni berkisar Rp40 ribu per kilogram.

Tingginya harga bawang disebabkan bahan utama bumbu masak ini masih didatangkan dari luar daerah, terutama Pulau Jawa.

"Bawang merah masih kita jual Rp40 ribu, sedangkan untuk bawang putih Rp38 ribu per kilogram," ujar Yanto, penjaga toko sembako di Pasar Kasongan, Sabtu (11/3/2017).

Menurut dia, bawang merah dan putih di tokonya dipasok oleh distributor asal Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Biasanya seminggu sekali distributor yang bawa bawang dari Banjarmasin datang ke Kasongan."

Sejauh ini, kata Yanto, harga bawang, baik merah maupun putih, cenderung masih tinggi.

"Pernah beberapa waktu lalu ada penurunan menjadi Rp30 ribu per kilogram, baik bawang merah maupun putih. Tetapi tidak berselang lama kemudian harga bawang merah dan putih kembali naik menjadi Rp35 ribu per kilogram, dan beberapa hari selanjutnya naik lagi hingga menjadi Rp40 ribu per kilogram," ucapnya.

Menurut Yanto, harga bawang merah yang mencapai Rp40 ribu per kilogram sudah berlangsung sekitar seminggu terakhir. "Kita belum tahu apakah besok-besok harganya akan turun atau malah naik lagi, itu semua tergantung pihak pemasok yang menyuplai ke kita," tutupnya.

Rini,  ibu rumah tangga yang menetap di Jalan Soekarno-Hatta, Kasongan, mengeluhkan masih mahalnya harga bawang merah.

"Soalnya mau masak apa-apa, bumbunya pasti tidak lepas dari bawang merah, termasuk bikin sambal. Tapi sekarang harganya masih mahal," ucap dia. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru