Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barsel: Tidak Ada Lagi Alasan Desa tak Maju

  • Oleh Uriutu
  • 11 Maret 2017 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menegaskan tidak ada lagi desa di daerah tersebut yang tidak maju, seiring dengan meningkatkan kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa di tahun 2017 ini.

'Jadi tidak ada lagi alasan untuk desa tak maju. Pembangunan desa tidak lagi bersumber dari APBD saja melainkan dari APBN yakni Dana Desa (DD)," kata Sekda Barsel, Edi Kristianto, Sabtu (11/3/2017).

Ia mengatakan, untuk tahun ini setiap desa mendapatkan ADD dan dana desa berkisar antara Rp1,1 miliar sampai dengan Rp1,4 miliar. Besarnya tergantung luas wilayah dan jumlah penduduknya.

Untuk ADD, lanjut dia, sudah jelas penggunaannya yakni 60 persen untuk pembangunan desa dan 40 persen untuk perjalanan dinas dan lain sebagainya.  Sedangkan DD, peruntukkanya 89,7 persen untuk pembangunan.

Pembangunan itu, lanjut dia, meliputi infrastruktur dasar, pendidikan, kesehatan serta ekonomi kerakyatan. Ia mencontohkan apabila di desa tidak ada rumah petugas kesehatan maka bisa digunakan anggaran tersebut.

'Begitu juga untuk pendidikan, misalnya ada kursi sekolah yang rusak tidak usah meminta bantuan ke dinas dan bupati. Bisa digunakan anggaran desa tersebut,' jelasnya. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru