Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persebaran KAT Wilayah Kalteng ada di Lima Kabupaten ini

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Maret 2017 - 19:59 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Warga yang merupakan bagian Komunitas adat terpencil (KAT) masih menghuni sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Masalah sosial tersebut terus diupayakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng agar segera tuntas.

Hingga saat ini, persebaran KAT saat ini masih ada di lima kabupaten yakni Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kabupaten Murung Raya, dan Kabupaten Katingan.

'Persebaran KAT ada di lima kabupaten tersebut. Sedangkan delapan kabupaten dan 1 kota di Kalteng lainnya sudah bebas KAT,' terang Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kalteng Guntur Talajan, Minggu (12/3/2017).

Kabupaten yang tidak terdapat KAT yaitu Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Lamandau, Sukamara, Seruyan, Pulang Pisau, dan Kotawaringin Barat.

'Kalteng siap menargetkan bebas KAT pada 2020, yaitu tidak ada warga KAT yang miskin. Pada 2016, masih ada 555 KK yang masih belum tertangani pemberdayaannya dan nanti dilakukan bertahap pada tahun-tahun berikutnya,' beber dia. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru