Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Astaga...!! Di Barito Selatan Ada 3.000 Pasutri Belum Miliki Buku Nikah

  • Oleh Uriutu
  • 13 Maret 2017 - 13:28 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Berdasarkan data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Barito Selatan ada 3.000 pasangan suami istri (Pasutri) tidak miliki buku nikah.

Kepala Dukcapil Barsel, Nyamei Tumbai mengatakan, sampai saat ini pasutri yang tidak memiliki buku nikah sangat banyak. "Kurang lebih 3.000 pasutri belum memiliki buku nikah," kata Nyamei, Senin (13/3/2017).

Dia menuturkan dari sisi hukum negara buku nikah sangat penting sebagai pengakuan yang sah. Artinya sah secara agama dan sah secara negara. Selain itu buku nikah ini juga salah satu syarat bagi orangtua untuk membuat akta kelahiran anaknya


"Tidak ada buku nikah tak ada juga akte kelahiran anak," tandasnya. Tahun ini pihaknya bekerjasama dengan Pengadilan Agama Buntok menggelar sidang isbat. Karena dana terbatas, maka untuk tahun ini sidang Isbat ditarget untuk 120 pasutri.


Dibandingkan dengan 3.000 pasutri yang belum memiliki buku nikah berarti sisanya masih banyak.
"Kita berharap ke depannya untuk memacu penyerapannya sidang isbat ini dukungan dana dari pemerintah," ucapnya. (URIUTU DJAPER/NB-6)

Berita Terbaru