Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Segera Kumpulkan Tokoh Bahas Grand Desain Pembangunan Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 13 Maret 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, dirinya akan mengundang sejumlah tokoh dari berbagai kalangan untuk membahas grand desain pembangunan di Bumi Tambun Bungai. Berbagai kalangan yang dimaksud di antaranya tokoh akademis, pengusaha, dan lainnya.

Rencana itu disampaikan Gubernur Sugianto saat membahas perlunya grand desain baru untuk pengembangan Kalteng hari ini dan ke depan. Menurut Gubernur, saat ini perencanaan yang ada kurang terarah.

'Saya akan kumpulkan tokoh dan akademisi. Saya akan letakkan sumber ekonomi untuk pertanian secara luas karena yang ada saat ini masih semerawut,' kata Gubernur saat menghadiri undangan Focus Group Discussion (FGD) tentang Strategi Pembangunan Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Lebih Tinggi yang digelar Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Palangka Raya, Senin (13/3/2017).

Gubernur mengatakan, ada tiga zona ekonomi yang akan diterapkan dalam membangun Kalteng. Yaitu zona barat, zona tengah, dan zona timur. Setiap zona memiliki karakteristik sendiri yang diunggulkan. Misalnya zona barat dengan karakteristik perkebunan sawit dan sebagian tambang.

'Zona ekonomi harus dibuat karena terlalu luas wilayah. Di zona barat itu ada lima kabupaten dengan konsentrasi perkebunan, tetapi di zona tengah dan barat kok ada juga. Mestinya tidak seperti ini,' ungkapnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru