Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guna Tingkatkan Minat Wisatawan, Museum Kayu Sampit Terus Dibenahi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Maret 2017 - 16:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna meningkatkan daya tarik wisatawan, baik itu lokal, nasional, maupun mancanegara, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus mengembangkan dan membenahi Museum Kayu Sampit.

"Saat ini sudah ada foto tiga dimensi yang dipasang dalam Museum Kayu. Hal itu dilakukan untuk menarik minat para wisatawan," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim Fajrurrahman, Senin (13/3/2017).

Foto tiga dimensi yang ditampilkan adalah suasana hutan Sagonta Kota. Dengan latar foto itu, pengunjung terlihat seperti berada di hutan yang terletak di pinggi Sungai Mentaya di Kelurahan Baamang Hulu Kecamatan Baamang. Nantinya pihaknya juga akan memasan foto ritual Tiwah dan tradisi budaya Mandui Safar.

Saat ini Museum Kayu memang cukup jarang di datangi para wisatawan. Hal itu dikarenakan kurangnya koleksi benda bersejarah di tempat itu. Namun hal itulah yang menjadikan pihaknya termotipasi untuk membangkitkan ketertarikan wisatawan ketempat tersebut.

Museum Kayu tersebut terletak di perempatan Jalan S Parman-Yos Sudarso. Lokasinya berada di tengah kota dan berseberangan dengan Taman Kota Sampit. Sedangkan museum itu berisi koleksi benda-benda yang terkait sektor perkayuan seperti berbagai jenis kayu, alat pemotong kayu dan lainnya. Museum ini ingin menampilkan masa keemasan sektor perkayuan di Kotawaringin Timur di era 1990. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru