Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PBS Dituntut Lebih Serius Cegah dan Tanggulangi Karhutla

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Maret 2017 - 18:58 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dunia usaha khususnya Perusahaan Besar Swasta (PBS) di Lamandau diminta lebih serius terkait pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2017.

Bupati Lamandau, Marukan, Senin (13/3/2017), mengatakan tanpa keseriusan dunia usaha, upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di kabupaten Lamandau akan sulit diwujudkan. Mengingat sebaran PBS-PBS di Lamandau justru berada di sekitan wilayah yang tingkat kerawanan karhutlanya lebih tinggi.

"Untuk tahun-tahun sebelumnya mungkin peranan perusahaan kaitannya dengan persoalan karhutla ini kurang maksimal. Saya minta untuk tahun ini persiapannya (lebih) dimaksimalkan," katanya.

Persiapan yang dimaksud, kata Marukan, adalah SDM serta sarana dan prasarana di masing-masing perusahaan harus betul-betul lengkap dan sesuai standar yang berlaku. Mulai dari mobil pemadam kebakaran, ketersediaan air dan lain sebagainya.

Marukan menyampaikan, sengaja mengundang semua perwakilan PBS di Lamandau untuk hadir dalam rakor pencegahan dan penanggulangan karhutla. Agar mereka bisa menjadi garda terdepan penanggulangan karhutla di wilayahnya masing-masing.

"Jika hanya mengandalkan pemkab, polisi dan TNI dalam karhutla ini sangat tidak mungkin. Selain sarana dan prasaran (sarpras) juga terbatas SDM maupun anggaran. Sehingga dunia usaha harus dapat kita andalkan, meskipun dalam implementasinya di lapangan tetap sama-sama," katanya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru