Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pembagian Zona Ekonomi yang Diinginkan Gubernur Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Maret 2017 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran ingin mempertegas zona ekonomi Bumi Tambun Bungai. Dia telah memastikan ke dalam tiga bagian yaitu zona barat, tengah, dan timur. Lalu apa saja pembagian konsentrasi di tiga zona tersebut

Pertama zona  barat. Di sini gubernur ingin konsentrasi keunggulan bidang perkebunan dan sebagian tambang. Diantaranya bidang perkebunan kelapa sawit yang sudah eksisting akan diperbagus dan ditata lagi sampai pada hilirisasi industri, rencana perkebunan singkong dan tebu, dan pertambangan bijih besi serta pabrik baja.

Kawasan ini meliputi Kabupaten Seruyan, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara.

Kedua, zona tengah meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas, Pulang Pisau, Kapuas, dan Kota Palangka Raya. Di zona ini Sugianto ingin konsentrasi bidang pangan.

Sedangkan Zona Timur, wilayah ini meliputi semua Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur, dan Murung Raya. Di zona ini gubernur ingin fokus di pertambangan dan tanaman perkebunan di luar sawit.

'Zona ekonomi ini harus dibuat karena terlalu luasnya wilayah, satu setengah pulau Jawa. Di zona barat adalah untuk perkebunan sawit dan sebagian tambang, di tengah fokus pangan, hortikultura, perikanan dan peternakan, sedangkan di timur fokus pada cooking coal untuk bahan baja ringan,' katanya.

'Saya ingin ada blue print ekonomi Kalteng untuk 50-100 tahun. Kalau cuma 5-10 tahun tidak usah,' terang gubernur saat memaparkan diskusi grup inisiasi Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Swissbellhotel Danum Palangka Raya, Senin (13/3/2017). (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru