Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kongres AMAN V Delegasi Kalteng Tiba di Kampong Tanjung Gusta

  • Oleh Budi Baskoro
  • 14 Maret 2017 - 08:58 WIB

BORNEONEWS, Medan - Puluhan perwakilan komunitas masyarakat adat dari Kalimantan Tengah (Kalteng) yang akan mengikuti Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) V sudah tiba di Kampong Tanjung Gusta, Deli Serdang, Medan. Mereka datang secara bergelombang sejak Senin (13/3/2017) hingga Selasa (14/3/2017). Kongres AMAN 2017 ini berlangsung 15-19 Maret 2017.

Pengurus Daerah AMAN Kabupaten Kotawaringin Barat, mengirimkan anggotanya dari Komunitas Juriat Kutaringin, Komunitas Masyarakat Kubu, Komunitas Teringin, dan Komunitas Dawak. "Rombongan kami total sembilan orang," kata Mardani, Ketua PD AMAN Kotawaringin Barat, Selasa (14/3/2017).

"Dari Lamandau ada 27 peserta," timpal Junaedi, Ketua PD AMAN Kabupaten Lamandau.

Delegasi dari Lamandau dan Kotawaringin Barat, diinapkan dalam satu kelompok di salah satu pemukiman warga di Jalan Ulayat B, Tanjung Gusta. Di Jalan yang sama, juga ditempatkan delegasi dari Kalimantan Tengah lainnya.

Kongres AMAN V merupakan hajatan besar yang diorganisir oleh Pengurus Besar (PB) AMAN dan Komunitas Adat Rakyat Penunggu di Kampung Tanjung Gusta.

Diperkirakan lebih tiga ribu orang dari seluruh Nusantara akan menghadiri hajatan akbar yang rangkaian acaranya dimulai Rabu (15/3/2017), hingga penutupan kongres pada Minggu (19/3/2017). Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri dan akan membuka kongres ini.

Sejak berdirinya pada 1999, AMAN dipimpin oleh Abdon Nababan. Kongres ini juga akan dijadikan ajang pemilihan sekretaris jenderal yang baru. Ketua Pengurus Wilayah (PW) AMAN Kalimantan Tengah, Simpun Sampurna, menjadi salah satu kandidat sekretaris jenderal yang baru. (BUDI BASKORO/N).

Berita Terbaru