Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harta Cabai Mahal, Isteri Prajurit TNI Siasatinya dengan Ini

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Maret 2017 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tingginya harga cabai saat ini bisa disiasati dengan melakukan pemanfaatan pekarangan rumah melalui gerakan tanam cabai. Seperti yang dilakukan oleh Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Kodim 1015 Sampit, yang melakukan penanaman cabai di pekarangan rumahnya. 

'Satu anggota persit menanam lima bibit cabai di rumahnya. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cabai,' kata Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1015 Sampit, Lili Putra Yasa, Selasa (14/3/2017).

Bibit tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kotim, yang jumlahnya mencapai 300 buah polybag. Semuanya akan dibagikan kepada para anggota persit, dan diwajibkan bagi mereka untuk menanam cabai tersebut di pekarangan rumah. Sehingga akan menjadi lahan yang produktif dan juga bernilai ekonomi.

'Paling tidak bisa menekan biaya pengeluaran ekonomi keluarga,' kata Lili.

Melambungnya harga cabai di pasaran hingga sebesar 140 ribu per kilogram tersebut turut membuat risau para ibu-ibu. Sehingga melalui gerakan menanam cabai ini pula paling tidak dapat membantu dan menghemat pengeluaran ekonomi keluarga.

Lili juga mengingatkan bahwa pihaknya akan melakukan pengecekan secara berkala. Guna mengetahui apakah bibit yang dibagikan dapat tumbuh dengan subur di masing-masing pekarangan rumah anggota persit. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru