Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mugeni: Sebenarnya Boleh Dipelihara tapi Dokter Hewannya Tidak Ada

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Maret 2017 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penjabat Bupati Barito Selatan (Barsel), Mugeni mengatakan, dirinya yang menginginkan satwa-satwa yang berada di rumah jabatan (Rujab), yang masuk kategori satwa dilindungi itu diperlakukan dengan baik dan sesuai ketentuan.

Menurut Mugeni, sebenarnya bisa saja memelihara satwa itu, tetapi kendalanya tidak ada dokter khusus merawat dan memonitor kesehatannya. Dengan pertimbangan itu, ia lebih memilih menyerahkan satwa yang sudah hidup 15 tahun di rujab tersebut kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) Selasa (14/3/2017) pagi.

"Sebenarnya boleh saja tapi dengan Ijin khusus. Namun harus ada dokter hewan yang bertugas melakukan pemantauan dengan kontinyu. Dokter hewannya itu yang kita tidak ada. Jadi lebih baik diserahkan saja ke BKSDA," kata Mugeni kepada Borneonews tadi sore di Puruk Cahu.

Sebelumnya, Kepala Seksi Konservasi wilayah III BKSDA Kalteng, Nizar Ardhanianto mengatakan langkah evakuasi dilakukan karena satwa ini tinggal tidak pada tempatnya. "Kita evakuasi ketempat seharusnya satwa itu berada," ucapnya. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru