Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi II DPRD Kapuas Kunjungi Kementerian Pertanian Bahas Asuransi Petani

  • 14 Maret 2017 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komisi II DPRD Kapuas melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pertanian RI uuntuk konsultasi terkait mekanisme penerimaan asuransi petani sesuai UU no 9 tahun 2013 tentang perlindungan asuransi bagi petani.

"Sudah dijadwalkan melaui badan musyawarah. Kami akan melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pertanian terkait juklak dan juknis penerimaan asuransi petani," kata Ketua Komisi II DPRD Kapuas, Wahyu Dinatan, Selasa (14/3/2017).

Dia mengatakan, pengelolaan asuransi itu rencananya dikelola oleh pihak swasta yakni PT Jasindo. Sedangkan mekanisme petani untuk peserta masih akan dibahas.

"Nantinya, setelah mendapat kejelasan dari kementerian pertanian baru dilakukan rapat dengar pendapat dengan dinas pertanian dan PT Jasindo. Selanjutnya akan disosialisasikan ke petani," terangnya.

Dia menambahkan, asuransi petani sangat bermanfaat, Sebab melalui petani yang mengalami kerugian akan mendapat gantinya. Asuransi itu juga semacam semacam subsidi silang dari pemerintah. 

"Kerugian seperti gagal panen akan diganti. Tetapi itu semua berdasarkan laporan PPL dan hasil verisifikasi tim penilai yang akan turun ke lapangan," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-11)

Berita Terbaru