Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Isu Kehutanan juga Dibahas Dalam Rakornas Kelitbangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Maret 2017 - 09:34 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Penelitian dan Pengembangan (Kelitbangan) dibuka, Rabu (15/3/2017) malam.

Kegiatan yang dipusatkan di Swissbell Hotel Danum, Palangka Raya itu menurut Dodi Riyadmadji, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri setidaknya akan membahas tiga isu penting. Salah satunya isu pemindahan ibu kota pemerintahan Indonesia ke Kalteng. Selain itu juga membahas isu kehutanan.

"Isu lainnya tentang kehutanan. Terkait dengan pengelolaan hutan, maka perlu penerapan inovasi di bidang pengelolaan hutan yang melibatkan kearifan lokal. Perlu dipikirkan juga, hutan merupakan paru-paru dunia yang harus dijaga," ungkap Dodi saat ditemui di Swissbell Hotel bersama Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia siang tadi.

Selain itu, lanjutnya, pengelolaan hutan tentu berbeda di setiap daerah antara daerah satu dan yang lainnya. Termasuk dalam hal penanganan kebakaran hutan dengan ketebalan gambut di masing-masing daerah.

"Sisi lainnya, jika ditinjau dari aspek penelitian bagaimana hutan bisa menghasilkan produk tetapi dengan tidak merusak alam, namun bisa mensejahterakan," kata Dodi menerangkan.

Setidaknya ada tiga topik yang akan menjadi isu utama Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kelitbangan nanti malam di Swissbell Hotel Danum. Selain isu kehutanan maupun isu daerah, maka yang tak kalah pentingnya isu terkait pemindahan ibu kota pemerintahan ke ibukota Provinsi Kalteng, yakni Palangka Raya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru