Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Saatnya Ubah Limbah Sawit Menjadi Energi Listrik

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 16 Maret 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain tengah dikembangkan untuk dijadikan bahan bakar minyak, limbah kelapa sawit juga dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM saat ini tengah merancang program yang mewajibkan pemanfaatan limbah cair kelapa sawit untuk dikonversi menjadi energi listrik.

"Kami sedang merancang program mandatory khusus untuk memanfaatkan POME (Palm Oil Mill Effluent) menjadi listrik. Nantinya menjadi obligasi pada pabrik sawit untuk mengkonversi POME menjadi listrik," kata Dirjen EBTKE Rida Mulyana pada acara bertajuk Biogas and Waste to Energy Indonesia Forum 2017 di Jakarta, Rabu (15/3/2017) seperti dikutip Antara.

Kementerian ESDM sedang membahas regulasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengenai kewajiban pabrik kelapa sawit memanfaatkan limbah cair kelapa sawit menjadi listrik.

Saat ini tercatat lebih dari 800 pabrik kelapa sawit di Pulau Sumatera dan Kalimantan yang menghasilkan limbah baik cair maupun padat.

Limbah padat kelapa sawit tersebut dapat diolah menjadi sumber pasokan energi biomassa hingga kapasitas 700 megawatt (MW). Sedangkan limbah cair yang mengandung metana seharusnya dapat diolah menjadi biogas, namun sering kali limbah dibakar oleh pabrik sawit yang justru dapat merusak lingkungan.

Tak hanya ramah terhadap lingkungan pemanfaatan limbah sawit juga akan memberikan keuntungan secara ekonomi bagi pabrik kelapa sawit. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru