Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partisipasi Pemilih pada Pilkades di Kecamatan Murung Capai 85 Persen

  • Oleh Supri Adi
  • 16 Maret 2017 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 35 desa di Kabupaten Murung Raya yang berlangsung Kamis (16/3/2017), dinilai sukses.

Indikatornya, sejak awal pencoblosan hingga proses perhitungan suara tidak ada hal yang mengganggu jalannya demokrasi di tingkat desa tersebut.

Camat Murung K Zen Wahyu saat meninjau pelaksanaan pilkades serentak di wilayah pemerintahannya, mengatakan bahwa suksesnya pelaksanaan pilkades tahun ini tidak lepas dari peran semua warga. Menurud dia, warga begitu antusias memilih pemimpin desa untuk enam tahun ke depan.

"Pada pilkades kali ini, di Kecamatan Murung ada enam desa yang ikut. Bila dirata-ratakan sekitar 85 persen tingkat partisipasi warga dalam memilih di setiap desa," ungkap K Zen Wahyu.

Disampaikannya pula, untuk desa di Kecamatan Murung bisa dibilang sebagai percontohan pelaksanaan pilkades di Kabupaten Murung Raya. Sebab dari sisi keamanan cukup kondusif ditambah tingginya antusiasme warga menyalurkan hak pilih.

"Untuk jumlah pemilih di Desa Muara Untu paling besar bila dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Murung. Bahkan paling besar se-Kabupaten Murung Raya yang menyelenggarakan pilkades pada tahun ini, yakni lebih dari 1.800 orang," tutur Camat.

Tidak hanya itu, K Zen Wahyu juga mengatakan tingginya antusiasme warga dalam pilkades kali ini membuktikan tingkat kesadaran masyarakat sudah semakin baik, khususnya dalam berdemokrasi. Kondisi ini diharapkan bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan pada pemilihan berikutnya. (SUPRIADI/B-3)

Berita Terbaru