Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Rata-rata Sawit di Bengkulu di Atas Ketetapan Pemerintah

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 17 Maret 2017 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Provinsi Bengkulu diharapkan segera menetapkan harga jual tandan buah segar (TBS) sawit terbaru menyusul harga yang dipatok sejumlah perusahaan sawit setempat lebih tinggi dari ketetapan.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas pabrik di daerah itu membeli TBS kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan setempat.

"Sebanyak delapan pabrik membeli TBS kelapa sawit milik petani dengan harga berkisar Rp1.460 hingga Rp1.590 per Kg," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, di Mukomuko, seperti dikutip Antara, Kamis (16/3/2017).

Adapun Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menetapkan harga jual tertinggi TBS kelapa sawit pada tingkat pabrik di daerah itu sebesar Rp1.519 per kg dan harga jual terendah sebesar Rp1.444 per kg.

Menurut Wahyu, meskipun saat ini harga sawit sejumlah pabrik tersebut di atas harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan, namun harga saat ini masih yang terendah dalam sebulan terakhir.

Pemicunya adalah harga sawit sejumlah pabrik dalam sebulan ini mengalami penurunan berturut-turut, diduga karena pengaruh penurunan harga minyak mentah kelapa sawit atau CPO.

Ia menyebutkan, harga sawit hingga medio pekan ini di pabrik PT Bumi Mentari Karya sebesar Rp1.590 per kg, pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) sebesar Rp1.460 per kg, PT SAP sebesar Rp1.560 per kg, PT AMK sebesar Rp1.540 per kg. Kemudian di pabrik PT MMIL sebesar Rp1.530 per kg, PT KAS sebesar Rp1.530 per kg, pabrik PT DDP Desa Lubuk Bento, dan PT DDP Kecamatan Ipuh sebesar Rp1.530 per kg. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru