Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPK Kobar Jadi Role Model Beberapa Kabupaten di Kalteng

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Maret 2017 - 14:44 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotawaringin Barat (DPK Kobar) menjadi tempat pembelajaran pengelolaan kearsipan di Provinsi Kalteng. Hal itu karena DPK Kobar berhasil meraih peringkat pertama Lomba Kearsipan Daerah Tingkat Nasional Tahun 2016.

Menurut Sekretaris DPK Kobar Safwan, pada bulan Maret ini tiga kabupaten di Kalteng yaitu Kotim, Sukamara dan Murung Raya melakukan orientasi pengelolaan arsip. "Mereka khusus datang ke Kobar untuk mengetahui bidang tugas pengelolaan dan layanan arsip. Cakupannya adalah akuisisi dan pengolahan arsip, pengelolaan dan perservasi atau pemeliharaan arsip, serta layanan dan pemanfaatan arsip," jelasnya, Jumat (17/3/2017).

Safwan melanjutkan, ketika ditanya apa yang membuat perwakilan dari beberapa kabupaten tersebut memilih DPK Kobar sebagai tempat orientasi pengelolaan kearsipan, jawaban mereka hampir sama. "Alasannya seragam. Karena mereka semuanya orang baru yang ditempatkan pada bidang kearsipan. Rata-rata mereka juga tidak mengetahui apa yang harus dikerjakan, untuk itulah perlu orientasi tugas," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kendala yang dihadapi para peserta di kabupaten masing-masing juga sama. "Rata-rata memang urusan kearsipan di dinas mereka belum banyak berfungsi. Karena Kabupaten Kobar pernah meraih juara I lomba kearsipan nasional, maka peserta orientasi menjadikan DPK Kobar sebagai role model," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru