Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Ribuan Penambang di Sepanjang Sungai Murui

  • Oleh Roni Sahala
  • 17 Maret 2017 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ada ribuan penambang emas dan pasir zircon beraktivitas di sepanjang Sungai Murui, Kabupaten Kapuas. Hal itu berakibat pada pendangkalan sungai dan tercemarnya air.

Borneonews.co.id melakukan perjalanan bersama jajaran Polres Kapuas menyusuri Sungai Murui dari Desa Batu ke Desa Gerung, Kamis (16/3/2017). Di selama perjalanan terlihat ratusan pondok milik penambang.

Namun, saat tim melintas, hanya di beberapa pondok yang terlihat ada aktivitas penambangan. Diduga hal para penambang sudah mengetahui kedatangan rombongan di wilayah hukum Polsek Mantangai itu.

Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang yang mengajak wartawan dalam perjalanan itu terlihat cukup terkejut. Selama empat jam perjalanan, dia melihat sendiri jejeran pondok dan perkampungan penambang rakyat.

"Sepanjang sungai ini kita lihat, cukup banyak aktivitas yang berpotensi melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini (pertambangan ilegal)," kata Kapolres.

Dengan fakta yang didapat, Kapolres berjanji akan melakukan upaya penanganan. Namun terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak dan intansi terkait lainnya. (RONI SAHALA/B-3)

Berita Terbaru