Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Tahun ke Depan Banyak Guru Pensiun, PGRI Minta Pemerintah Antisipasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Maret 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Palangka Raya Ernawati menyebut setidaknya dua tahun dari sekarang akan ada banyak guru yang pensiun.

Menghadapi hal ini, PGRI meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mulai menyiapkan langkah demi mengantisipasi kekurangan tenaga guru di Bumi Tambun Bungai.

"Dua tahun mendatang banyak guru yang pensiun. Kalteng akan kekurangan guru. Hal ini perlu diantisipasi oleh pemerintah. Salah satunya dengan melakukan pendataan guru," ungkap Ernawati kepada Borneonews, Jumat (17/3/2017).

Penyandang gelar doktor yang juga menjabat sebagai kepala SDN 4 Menteng ini menyebut bahwa PGRI sangat berharap pemerintah provinsi bisa membijaki anggaran pendidikan, termasuk untuk guru honor.

"Kalau guru ASN banyak yang pensiun, otomatis guru honor yang akan diberdayakan. Pemerintah bisa memprioritaskan anggaran untuk pendidikan karen pendidikan inilah ujung tombak kelangsungan bangsa ini."

Karena itu, ia berharap pemerintah bisa memperhatikan nasib guru honor yang ada serta tetap membuat pemetaan kebutuhan guru. "Satu lagi, prioritas guru honor untuk diangkat menjadi guru PNS," tutup Erna. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru