Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasat Reskrim Imbau Masyarakat Kotim Waspada Kasus Pencurian

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Maret 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasat Reskrim Polres Kotawaringin Timur (Kotim) AKP Erwin Togar, mengimbau masyarakat selalu mewaspadai tindak kriminal berupa pencurian.

"Warga harus mewaspadai adanya tindakan pencurian, agar harta bendanya tidak hilang dibawa maling," ujar Erwin, Jumat (17/3/2017).

Erwin menerangkan, saat ini di Kotim sendiri, pidana pencurian cukup tinggi. Namun banyak juga masyarakat yang menjadi korbannya tidak melaporkan hal tersebut kepada aparat kepolisian.

Walaupun begitu, dia meminta agar warga selalu waspada dengan para penjahat barang berharga tersebut. Salah satunya dengan menjaga keadaan rumhanya dengan baik.

"Saat keluar rumah, sebaiknya pintu, jendela dikunci. Bahkan kalau bisa pasang saja teralis," lanjut Erwin.

Erwin juga menyarankan agar masyarakat yang memang memiliki uang banyak, tidak menyimpannya di dalam rumah. Karena beresiko hilang dicuri maling. Makan sebaiknya di simpan di bank. Sehingga keamanan lebih terjamin.

Selain itu, bagi yang memiliki perhiasan banyak, juga disimpan dengan baik. Kalau memang perlu pakai berangkas. Sehingga antisipasi dari pencurian lebih baik lagi.

"Kalau pakai berangkas, tidak hanya menghindari dari pencurian saja. Namun juga kalau terjadi kebakaran, maka kondisinya masih utuh," kata Erwin.

Erwin menerangkan, selain banyaknya korban pencurian yang tidak melaporkan ke aparat. Ada juga korban pencurian yang tidak merasa bahwa dirinya jadi korban. Seperti halnya pencurian walet, dimana beberapa hari lalau jajaran Polres Lamandau menangkap empat pelaku pencurian walet, namun TKPnya di Kotim. Tetapi setelah didatangi korbannya agar membuat laporan, ternyata dia tidak merasa menjadi korban pencurian. Sehingga keempat pelaku pencurian itu terpaksa di lepaskan.

"Kalau begini, yang untung pencurinya. Karena korbannya tidak merasa menjadi korban pencurian," terang Erwin.

Erwin hanya berharap agar masyarakat selalu waspada akan aksi pencurian. Kalau menjadi korban, maka segera laporkan ke polisi. Biar pihaknya dapat segara melacak para pelaku. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru