Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendaftaran Pasang Calon Kepala Daerah Dimulai Januari 2018

  • Oleh Ramadani
  • 17 Maret 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara Alamsyah menyebutkan, masa pendaftaran pasangan calon untuk pemilihan umum kepala daerah (pilkada) dimulai pada Januari 2018 .

Setelah masa pendaftaran, akan dilakukan penetapan pasangan calon serta nomor urut. Dilanjutkan pada bulan berikutnya pemutakhiran data pemilih, pembentukan elompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Dijelaskannya, saat ini komposisi DPRD Barito Utara ada 25 kursi. Terbanyak adalah PDIP dengan jumlah 6 kursi. Sedangkan Partai Demokrat hanya 4 kursi, PPP 3 kursi, Gerindra 2 kursi, PAN 3 kursi, Nasdem 1 kursi, Golkar 1 kursi, PKS 1 kursi, Hanura 2 kursi, dan PKB 2 kursi.

Sementara itu, setiap pasangan calon bupati dan wakil bupati hanya disyaratkan mendapat dukungan sebanyak lima kursi.

Sejauh ini, sudah ada bebeberapa nama yang muncul dalam perebutan kursi nomor satu di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Di antaranya petahana Nadalsyah, kemudian Ompie Herby, Tajeri, Taufik Nugraha, Set Enus Y Mebas, Acep Tion, Amir Mahmud, Purman Jaya, dan Agus Susilasani.

Belakangan, santer pula beredar nama mantan rival petahana yakni Relawaty Yuliansyah yang dikabarkan kembali mengincar kursi bupati. (RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru