Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Tbk Group Punya Kontribusi Besar Pada Ekonomi Kobar

  • 18 Maret 2017 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kamaludin mengakui kontribusi besar PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) pada perekonomian Kobar.

"Apa yang dilakukan PT SSMS Tbk ini cukup besar pada perekonomian kita, tidak hanya soal plasma, tapi kesempatan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat sekitar," kata Kamaludin dalam sambutannya di hadapan rombongan Institut Penelitian Inovasi Bumi (INOBU) di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Sulung, Sabtu (18/3/2017).

Ia melanjutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar sangat terbantu dengan sejumlah program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang telah dijalankan PT SSMS Tbk terutama program kebun plasma. Pasalnya, program plasma berdampak signifikan pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Selain itu, perusahaan telah menjalankan konsep pengelolaan sawit berkelanjutan. Ini tentu kontribusi positif pada pemerintah dan masyarakat sekitarnya," imbuh dia.

Kampanye hitam (Black campaign)

Menurut Kamaludin, kunjungan INOBU yang turut serta membawa CLUA yang berisi aliansi beberapa lembaga non pemerintah (NGO) dan Unilever sebagai buyer (pembeli) minyak sawit terbesar merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk menepis kampanye hitam (black campaign) di luar negeri.

"Kan kita ini di black campaign, sawit merusak lingkungan dan sebagainya. Nah, sekarang kan bisa kita lihat, banyak kok perusahaan kelapa sawit di Indonesia yang peduli kelestarian lingkungan, yang menerapkan konsep pengelolaan sawit berkelanjutan," kata Kamal.

Saat ini, lanjut dia, minyak sawit merupakan komoditas ekspor nonmigas unggulan dari Indonesia. Sehingga semua pihak harus mendukung industri kelapa sawit. Tentu saja, dengan diimbangi pengawasan. (Alex Gunawan/B-5)

Berita Terbaru