Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menhub Minta Kesiapan KSOP dan Pelindo Tangani Arus Mudik

  • Oleh Noor Annisa
  • 18 Maret 2017 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit ' Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kunjungan kerjanya ke Kotawaringin Timur (Kotim), Sabtu (18/3/2017), mengimbau Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Pelindo agar menyiapkan sarana prasarana arus mudik penumpang dengan sebaik mungkin.

'Lebaran biasanya kapasitas penumpang melampaui batas, jangan sampai mengangkut dengan over kapasitas, jangan asal pergi lalu jadi masalah,' ujar Menhub.

Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak Pelindo, pada 2016 lalu jumlah pemudik melalui pelabuhan di Kotim mencapai 36 ribu orang. Jumlah itu sudah melebihi kapasitas. Biasanya jumlah penumpang meningkat setiap tahunnya. Sehingga perlu adanya peningkatan pelayanan yang lebih baik.

Terkait hal itu, Menhub meminta peningkatan penumpang saat arus mudik Lebaran perlu mendapat perhatian khusus. Selain itu, pihak KSOP dan Pelindo mesti mengaturnya dengan baik, sebab menyangkut kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Disebutkannya, selain kapasitas penumpang yang banyak, masalah keadaan cuaca juga perlu dipertimbangkan untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan.

'Pelindo harus punya kesiapan yang bagus apalagi seperti sekarang cuaca sering tidak menentu,' tutupnya. (NOOR ANNISA/B-3)

Berita Terbaru