Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

HM Ruslan AS Soroti Kegiatan Illegal Mining

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Maret 2017 - 14:27 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ketua DPD Golkar Kalimantan Tengan, HM Ruslan AS menyindir kegiatan illegal mining (pertambangan ilegal) yang ada di wilayah Provinsi Kalteng. 

"Saya tadi saat naik heli melihat putih-putih dari atas, ternyata itu bekas penambangan emas. Ya masalah ilegal mining di Provinsi Kalteng ini harus dicarikan solusinya," tutur HM Ruslan AS, di Katingan, Minggu (19/3/2017).

Menurutnya pemerintah bisa mencarikan jalan agar masyarakat tidak lagi melakukan penambangan tanpa izin yang dapat merusak lingkungan itu. 

"Mengatasi ilegal mining ini pemerintah bisa menyiapkan lahan misalnya untuk perkebunan kelapa sawit," katanya.

Untuk itu masalah tata ruang wilayah, itu harus sudah clear, sehingga jika sewaktu-waktu masyarakat bisa menggarapnya

"Hanya itu solusi supaya mereka tidak lagi menjadi penambang liar dan beralih membuka kebun kelapa sawit," katanya.

HM Ruslan menggambarkan misalnya masyarakat itu bekerjasama dengan pihak perusahaan kelapa sawit dalam mengelola lahannya itu. "Ya nanti dibagi dua, misalnya masyarakat atau petani dapat 40 persen dan 60 persen untuk perusahaan," katanya.

Di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mayarakatnya sudah bisa dikatakan sejahtera. Pasalnya pendapatan masyarakat rata-rata sudah melebihi secara Nasional.

"Kita dekati masyarakat, dan kalau pimpinan menjauhi masyarakat Insya Allah target itu tidak akan tercapai. Tapi kalau pimpinan itu dekat, Insya Allah program itu akan tercapai dengan baik," pesannya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru