Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rukka Sombolinggi Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara yang Baru

  • Oleh Budi Baskoro
  • 19 Maret 2017 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Medan - Rukka Sombolinggi dipilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), dalam Kongres V AMAN di Kampung Rakyat Penunggu, Tanjung Gusta, Deli Serdang - Medan, Minggu (19/3/2017) malam.

Tak seperti jalannya sidang-sidang kongres yang cukup alot, terpilihnya perempuan utusan dari Masyarakat Adat Tana Toraja ini berlangsung mulus. Proses pemilihan praktis tanpa hujan interupsi, setelah lima kandidat sekjen yang diutus anggota AMAN mencapai kesepakatan lewat musyawarah yang cukup singkat setelah penyampaian pidato visi-misinya masing-masing.

Kelima kandidat sebelum pemilihan itu adalah Simpun Sampurna (Ketua Pengurus Wilayah AMAN Kalteng), Arifin Monang Saleh (Deputi Bidang Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Adat PB AMAN), Rukka Sombolinggi (Duputi Bidang Advokasi Kebijakan, Hukum dan Politik PB AMAN), Mina Susana Setra (Deputi Bidang Kelembagaan, Komunikasi, dan Penggalangan Sumber Daya PB AMAN), dan Eustebio (Pengurus PB AMAN).

Dalam pidato penyampaian visi-misinya, Rukka menyatakan AMAN akan memastikan golnya Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Masyarakat Adat. Ia juga menegaskan tantangan terberat adalah saat UU itu disahkan, masyarakat adat harus lebih kuat.

"Banyak di antara teman-teman kita yang malah bergabung dengan perusahaan-perusahaan yang menjadi lawan masyarakat adat. Kita harus siap menghadapi lawan yang merupakan kawan yang selalu membayangi kita," kata Rukka, yang juga mendapat dukungan rekomendasi kandidat dari PD AMAN Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) itu.

Rukka juga bertekad AMAN harus mengurangi ketergantungannya pada dana donor (funding). "Dana mandiri harus tersedia. AMAN harus berdaulat, mandiri, dan bermartabat." (BUDI BASKORO/B-10)

Berita Terbaru