Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mawardi: Per Mahasiswa Dibayar Rp500 Juta Sampai Selesai Kuliah Kedokteran

  • Oleh Roni Sahala
  • 20 Maret 2017 - 16:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mantan Bupati Kapuas, Mawardi mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas menyalurkan dana Rp4 miliar ke Universitas Palangka Raya (UPR). Dana itu untuk menanggung 8 mahasiswa yang kuliah di fakultas kedokteran (FK).

"Per mahasiswa dianggarkan Rp500 juta untuk pendidikan mahasiswa di kedokteran sampai selesai. Kalau selama saya menjadi bupati itu ada 8 orang," kata Mawardi di Pengadilan Tipikor Palangka Raya, Senin (20/3/2017).

Kata dia, total yang disalurkan dari 2009-2012 mencapai Rp4 miliar. Namun sampai dia selesai menjabat bupati pada Maret 2013, pihaknya belum mendapatkan laporan pertanggungjawaban dari FK UPR.

Mawardi yang kini duduk di DPD RI dihadirkan sebagai saksi dalam kasus yang menjerat mantan Rektor UPR, Henry Singarasa. Dia hadir untuk menjelaskan hibah yang diberikan saat menjabat bupati.

Pasalnya, UPR mendapatkan hibah Rp1,5 miliar per tahun dari kabupaten dan kota seluruh Provinsi Kalimantan Tengah dan pemerintah provinsi. Namun belakangan diketahui dana itu tidak digunakan sebagaimana mestinya. (RONI SAHALA/B-6)

Berita Terbaru