Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tarian Mandau Bawi Meriahkan Pembukaan Raker Kebudayaan dan Pariwisata

  • 20 Maret 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Pada Pembukaan Rapat Kerja Kebudayaan dan Pariwisata se-Kalimantan Tengah di GPU Tampung Penyang, Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Senin (20/3/2017), ditampilkan Tarian Mandau Bawi.

Tarian tersebut berasal dari pedalaman Suku Dayak Ngaju yang biasanya dibawakan oleh perempuan dengan jumlah tujuh orang. Dalam tarian itu, ditampilkan gerakan kinyah mandau dan tasai bigal dengan diiringi alunan musik kecapi, suling, gendang, rabab, gong, kenong, serta tandak  mandau.

Untuk Tarian Mandau Bawi yang ditampilkan pada pembukaan rapat kali ini, ditata oleh Firion W Duling. Sedangkan para penari merupakan binaan Sanggar Seni dan Budaya Parung Pangiyah.

Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos seusai acara pembukaan, mengatakan bahwa melalui Raker Kebudayaan dan Pariwisata se-Kalteng akan menghasilkan keputusan dan sinergi antara perintah provinsi dengan kabupaten/kota.

"Dengan adanya kegiatan ini, supaya dapat memajukan budaya dan pariwisata kita, karena masih banyak yang harus kita lakukan pembenahan," ujarnya. (EPRA SENTOSA/B-3).

Berita Terbaru