Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Donor Darah Bisa Panjangkan Umur Manusia

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Maret 2017 - 07:03 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Donor darah ternyata dinilai mampu memperpanjang umur manusia.

Hal itu disampaikan Kepala Puskesmas Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir, Asnawi saat dirinya ikut donor darah pada acara bakti sosial donor darah yang digelar Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Katingan di Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Mas Amsyar Kasongan, Senin (20/3/2017).

Menurut Asnawi, manfaat bagi pendonor darah yang bisa dirasakan, yaitu ada beberapa hal.

Selain menjaga kesehatan dan membuat darah mengalir lebih lancar, donor darah juga mempunyai manfaat meningkatkan produksi sel darah merah.

"Dan juga memperpanjang usia serta membantu menyelamatkan nyawa. Sebab manfaat donor darah ternyata tidak hanya bermanfaat bagi orang lain yang memburuhkan, tapi ada dua pihak yang diuntungkan bagi penerima yang diberi donor dan bagi donor atau pemberi," sebut Asnawi.

Selain itu manfaat bagi pendonor darah juga bisa membuat jantung jadi sehat, dan menurunkan risiko penyakit kanker.

"Donor darah ini sangat-sangat bermanfaat sekali. Dan saya kebtulan 27 tahun lalu rutin, tapi saat tugas di kampung selama sekitar 20 tahun yang ditempatkan di pustu tidak mengikuti lagi, dan baru tiga tahun ini lagi saat kita pindah di Kereng Pangi batu kita rutin donor lagi," aku Asnawi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru