Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Harapkan Penyuluh Agama Datangi Lokalisasi Prostitusi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Maret 2017 - 16:44 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Permintaan yang cukup berat datang dari Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia kepada para penyuluh agama yang hadir saat Sosialisasi Penyuluhan Agama di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Palampang Tarung, Selasa (12/3/2017).

Riban meminta agar penyuluh agama yang berada di bawah Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mendatangi lokasi yang disinyalir sebagai tempat praktik prostitusi.

"Kita minta penyuluh agama sering-seringlah mampir di lokasi warung-warung yang disinyalir sebagai lokasi prostitusi. Ngobrol di sana dengan gaya kita masing-masing. Pendeta dengan gaya bahasa pendetanya, yang kyai dengan bahasa dan atribut kyainya," pinta Riban di hadapan 200 penyuluh agama yang hadir.

Dikatakannya, dengan gaya bahasa masing-masing penyuluh agama bisa datangi pemilik warung di pinggir jalan besar lingkar luar itu.

"Penyuluh agama bilang, anda kalau usaha begini ya nggak masalah. Orang datang untuk istirahat, membeli minum ya tidak masalah. Tapi kalau anda di samping jual makanan dan minuman malah anda menjual moral anda, ini yang salah," kata Riban mencontohkan.

Dikatakan di Palangka Raya jumlah penderita penyakit HIV paling tinggi di antara kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Tengah.

"Penyakitnya itu yang kita permasalahkan. Palangka Raya ini penderita HIV tertinggi. Misalnya seorang supir, dia pasti punya anak istri, mampir di tempat yang begitu lalu mendapat penyakit. Kemudian dia pulang ke rumah dan berhubungan dengan istrinya itu akan menular kepada orang yang tidak bersalah. Persoalan-persoalan inilah yang mari kita lakukan bersama-sama. Saya juga sudah berusaha sebagai Wali Kota datang langsung ke sana tapi apakah dengan begitu bisa selesai masalahnya, belum tentu bisa. Tapi kalau kita bersama-sama melakukannya, menjadikan ini program, maka akan berjalan lebih efektif," kata Riban menutup pembicaraan. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru