Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Sosial Kalteng Ingin Adakan Lomba Lagu Pahlawan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 22 Maret 2017 - 16:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Terinspirasi dari kegiatan wisata ziarah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan ingin mengadakan kegiatan lomba menyanyikan lagu pahlawan bagi para pelajar. Apa sebab Guntur ingin lagu perjuangan saat perang kemerdekaan melekat di hati pelajar dan dimaknai sebagai spirit patriotisme sejak dini.

Saat melakukan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, Jalan Tijlik Riwut Palangka Raya yang diselingi dengan dialog dan menyanyikan lagu kebangsaan serta lagu-lagu perjuangan pahlawan, banyak terlihat beberapa pelajar terbata-bata menirukan, bahkan ada yang tidak hapal atau tidak tahu sama sekali. Hal ini yang menggugah Guntur, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kalteng ini.

'Saat diskusi pelajar dan guru diselingi lagu-lagu pahlawan, belum semua mengenali. Kedepan agar dibuat lomba lagu-lagu pahlawan tingkat sekolah,' tutur Guntur kepada Borneonews.co.id, Rabu (22/3/2017).

Selain itu menurut dia, perlu dibarengi kegiatan lainnya seperti olimpiade pahlawan tingkat siswa, pameran foto pahlawan, bakti sosial, gotong royong di TMP, tabur bunga, sembari mencatat nama-nama pahlawan, dan sebagainya. Untuk apa

'Generasi penerus kita adalah siswa-siswi. Kita ajarkan bagaimana menghormati pendahulu kita, pahlawan kita, dan semangat kejuangan mereka, harus ditanamkan. Kita punya Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, kalau sampai tidak tahu namanya, pusaranya,terlalu. Apalagi sejarah kepahlawanannya,' ucapnya.

'Kita wariskan nilai-nilai kejuangannya, dengan praktek atau pengamalan. Misalnya menggalakkan upacara bendera di sekolah, mentaati tata tertib sekolah, disiplin belajar serta menghargai orang tua dan guru, tidak malas apalagi bolos adalah cara-cara menumbuhkan karakter pejuang seperti pahlawan,' bebernya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru